Rabu, 03 Januari 2018

kaki kaki mobil bunyi ketika berbelok

Kaki kaki mobil salah salah satu bagian dari pada mobil yang memiliki peran menahan tumpuan beban yang ada pada mobil tak jarang bagian ini sering kali lebih cepat mengalami kerusakan  yang ditandai dengan bunyi bunyian aneh yang terdengan pada bagian bawah mobil baik baugian depan maupun bagian belakang. Bunyi bunyian aneh yang terdengatr pada bagian depan mobil menandakan adanya kerusakan bagian kaki kaki depan mobil begitu juga jika bunyi terdengar pada bagian belakang, maka kaki kaki bagian belakanglah yang sudah mengalami kerusakan.

Banyak tanda tanda kerusakan kaki kaki mobil dan bisa dideteksi dari bunyi yang terdengar, untuk saat ini kita akan membahas bunyi yang terdengar pada saat mobil berbelok. Dimana ketika kita membelok kan mobil akan terdengar suara tek tek tek atau kletek kletek kletek yang terdengar pada salah satu ataupun kedua roda depan mobil kita.

Kaki kaki mobil bunyi kletek kletek sangat sering terjadi pada mobil sedan dengan menggunakan penggerak roda depan atau lebih jelasnya mobil tersebut menggunakan roda depan untuk melajukan mobil tersebut. Berbeda dengan mobil lain yang mana mengunakan roda belakang sebagai penggerak kendaraan tersebut.

As roda atau cv join sering kali menjadi biang keladi yang menyebabkan roda depan mobil bunyi kletek kletek dan tek tek tek ketika mobil berbelok. Dan hal tersebut terjadi bisa disebabkan oleh umur pakai yang sudah lama maupun oleh faktor lain seperti pelumasan yang sudah tidak maksimal. Karena pada dasarnya as roda atau cv join membutuhkan pelumasan yang baik tak kalah penting seperti pelumas untuk oli mesin mobil.

Hanya saja untuk CV join pelumas yang digunakan menggunakan grease atau gemuk yang bekerja untuk melumasi komponen yang ada didalam cv join tersebut. Dan apabila gemuk yang melumasi bagian dalam cv join telah mengering hal itu akan menyebabkan pelumasan tidak sempurna dan menjadikan cv join lebih cepat rusak sehingga terdengar bunyi kletek kletek pada roda depan mobil. 
Pada umumnya pelumas cv join yang mengering disebabkan oleh karet boot pelindung pelumas tersebut sobek dan sudah risak sehingga gemuk bercampur dengan kotoran debu jalanan yang menyebabkanya cepat kering. Bahkan sering kali dijumpai gemuk yang bertugas untuk melumasi cv join telah bercampur dengan kerikil dan menjadikan cv join tidak dapat berfungsi dengan baik.
Oleh sebab itu jia anda mendengar suara kletek kletek pada roda depan mobil anda ketika berbelok ada baiknya anda memeriksa terlebih dahulu keadaan boot cv join karena kebanyakan sudah sobek,rusak bahkan hilang. 


Dan jika memang hanya sobek anda bisa mencoba membersihkan cv join lalu memberikan gemuk secukupnya dan mengganti karet boot tersebut, karena bisa jadi cv join belum rusak dan hanya kekurangan gemuk saja.
Sumber: www.mobilirit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar